JAGA KUALITAS GURU, PENGAWAS MAN 1 MAMUJU LAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK

JAGA KUALITAS GURU, PENGAWAS MAN 1 MAMUJU LAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK

Inmas MAN 1 Mamuju (19/11/2021)

Tata kelola madrasah yang baik sangat ditentukan manajemen madrasah yang dinakhodai kepala madrasah. Salah satu tugas pokok kepala madrasah adalah supervisi akademik yang kadang-kadang dilaksanakan berkolaborasi dengan pengawas madrasah.

Pelaksanaan supervisi akademik pada MAN 1 Mamuju dilaksanakan oleh kepala MAN 1 Mamuju, Hj. Sumiati, S.Ag berkolaborasi dengan pengawas pembina Ma’ruf Daud, S.Pd., menyasar semua guru baik CPNS maupun PNS. Salah satunya adalah Fidya Ramadhani, guru sosiologi yang disupervisi hari ini. Meski masih berstatus CPNS, Fidya yang disupervisi langsung oleh pengawas menyampaikan kesiapan dirinya sejak jauh hari sebelumnya. “Ini pengalaman pertama saya disupervisi, namun saya berterima kasih dan berharap masukan dari pengawas demi lebih baiknya pembelajaran saya ke depan” ungkapnya lega.

Pengawas MAN 1 Mamuju Ma’ruf Daud
berbincang bersama guru BK

Ditemui di sela-sela pelaksanaan supervisi akademik, Ma’ruf Daud menjelaskan bahwa supervisi akademik wajib dilaksanakan minimal 1 kali dalam 1 tahun ajaran, dengan harapan pasca supervisi akademik selalu ada progres peningkatan kinerja guru pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan bahwa kualitas pembelajaran di madrasah sangat tergantung pada kualitas guru. “Minimal ada 3 hal yang menjadi tujuan dilaksanakannya supervisi akademik yaitu memotivasi guru dalam pelaksanaan tugas pokok, menjaga kualitas guru dan sebagai bahan evaluasi” tambahnya.

Kepala MAN 1 Mamuju, Hj. Sumiati, S.Ag pada pertemuan pra supervisi sebelumnya telah menekankan agar guru berupaya menerapkan pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan serta memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Tidak hanya saat pelaksanaan supervisi akademik, namun harus dilakukan secara konsisten di kelas.

Penulis (Namirah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*