MAN 1 Mamuju Gelar Rapat Kerja 2021

MAN 1 Mamuju Gelar Rapat Kerja 2021

HUMAS MAN 1 MAMUJU – Keluarga Besar MAN 1 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menggelar Rapat Kerja Tahun 2021 di Aula Gedung Asrama MAN 1 Mamuju, Jl Soekarno Hatta, Senin (08/03). Rapat kerja yang digelar dengan menetapkan protokol kesehatan ini membahas berbagai program kerja tahun 2021.

Rapat kerja tahunan yang mengangkat tema “Kita Tingkatkan Kinerja Profesional Menuju Madrasah Hebat Bermartabat” ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil) Sulawesi Barat Dr. H. Muflih B Fattah, didampingi Kepala MAN 1 Mamuju, Kasubag Tata Usaha, Kepala MTs Muhammadiyah Mamuju selaku perwakilan alumni MAN 1 Mamuju, guru dan tenaga kependidikan, Pengurus Komite, serta perwakilan pengurus OSIS MAN 1 Mamuju.

Kakanwil Kemenag Sulbar Dr. H. Muflih B Fattah membuka kegiatan Rapat Kerja Tahunan MAN 1 Mamuju.

Kepala MAN 1 Mamuju Hj Sumiati mengungkapkan bahwa sebelumnya ada agenda pra rapat kerja, untuk agenda hari ini adalah sidang pleno dan penetapan perencanaan pelaksanaan program dan anggaran. “Raker ini tujuannya untuk mengevaluasi program dan anggaran 2020 dan memantapkan program anggaran tahun 2021. Adapun realisasi anggaran tahun 2019 sebesar 98,75% dan tahun 2020 sebesar 99,35%, mengalami peningkatan 0,6 %. Harapan kita untuk tahun 2021 ini bisa 100% terealisasi,” ungkapnya.

Selain itu, kepala madarasah juga melaporkan kepada Kakanwil mengenai keadaan madrasah dan prestasi yang sudah diraih madrasah. “Untuk saat ini MAN 1 Mamuju memiliki 62 Sumber Daya Manusia, ada 5 pegawai baru yang bergabung. Selain itu, kami memiliki siswa-siswa yang berprestasi bakkan juara di tingkat nasional. Harapannya dengan raker ini pelayanan kinerja di madrasah bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sambutan Kepala MAN 1 Mamuju, Hj. Sumiati, S.Ag.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat (Kakanwil Kemenag Sulbar) Dr. H. Muflih MF mengungkapkan bahwa momen rapat kerja ini sangat penting untuk membangun komunikasi internal, mulai dari kepala madrasah, wakamad, guru, komite, dan pengurus OSIS. “Kita berharap ada komunikasi aktif dalam mensukseskan seluruh program yang ada di madrasah ini. Agar ada perubahan signifikan, diharapkan peran dari kita semua. Semua harus ikut terlibat, memberikan konstribusi positif untuk memajukan madrasah kita dalam melahirkan dan mencerdaskan anak bangsa yang memiliki karakter,” ungkapnya.

Sambutan Kakanwil Kemenag Sulbar, Dr. H. Muflih B Fattah

Selain itu, Kakanwil mengungkapkan cara untuk meningkatkan dan mengembangkan madrasah yang hebat bermartabad dan berkelas dunia. Di antaranya, menciptakan inovasi dan kreasi baru, patuh terhadap regulasi dalam pengelolaan anggaran, dan mengajarkan moderasi beragama dalam diri peserta didik.

“Pertama, kita harus memelihara apa yang sudah bagus. Apa yang sudah kita lakukan di tahun kemarin, mari kita pertahankan.  Dan untuk tahun 2021 ini kita senantiasa mencari inovasi-inovasi baru, kreasi baru yang bisa menyentuh kemajuan madrasah kita. Untuk itu dibutuhkan koordinasi dan kolaborasi, sinergitas di antara kita untuk mewujudkan harapan-harapan kita semua.

Kedua, kita harus memiliki kepatuhan terhadap regulasi, baik dalam kepengelolaan anggaran, sumber APBN, dana BOS, dan lainnya, semua itu harus tetap pada sesuai aturan. Ketiga, pihak madrasah pun diharapkan bisa mengajarkan bagaimana moderasi beragama sehingga tidak terdampak pada ektream kiri dan ektream kanan. Ini menjadi tanggung jawab kita semua,” ungkapnya.

Kakanwil Kemenag Sulbar pun mengajak seluruh pihak madrasah untuk membangun citra kementerian agama yang baru. “Mari kita bangun citra kementerian agama yang baru. Bapak/ibu guru sebagai teladan dan tenaga pendidik harus memberikan contoh yang baik di tengah-tengah masyarakat, baik dalam tindak lanjut kita, bersosial media, peningkatan kinerja kita, disiplin, dan harus memahami tugas dan fungsi sebagai guru dan tenaga kependidikan dan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didik,” tutupnya  (NJA)

Pembacaan Program Kerja dan Anggaran Komisi Akademik
Pembacaan Program Kerja dan Anggaran Komisi Sarana dan Prasarana
Pembacaan Program Kerja dan Anggaran Komisi Hubungan Masyarakat
Pembacaan Program Kerja dan Anggaran Komisi Kesiswaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*