MYRES 2021, MAN 1 MAMUJU CAPAI TARGET AWAL LOLOS TAHAP 50 BESAR

Humas MAN 1 Mamuju (21/08/2021)

Di tahun ke-5  pelaksanaan Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES  2021) , MAN 1 Mamuju kembali berhasil meloloskan salah satu dari 3 proposal yang diikutkan dalam kompetensi  penulisan ilmiah berbasis riset tersebut. MYRES 2021 adalah kompetisi nasional yang memberikan kesempatan kepada siswa madrasah untuk tetap berprestasi dan berinovasi walaupun dalam masa-masa pandemi Covid-19.

Adalah Akbar dan Rita, siswa dan siswi kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 2 yang tergabung sebagai peserta berkelompok. Kegelisahan terhadap fenomena pernikahan anak yang justru semakin marak terjadi pada masa Pandemi Covid-19 menjadi ide rencana penelitian. Walhasil proposal mereka berhasil memenangkan hati para juri dan didaulat sebagai salah satu dari  50 proposal terbaik bidang sosial humaniora dari 7.700 proposal peserta yang mendaftar untuk semua bidang. Akbar sendiri adalah ketua OSIS MAN 1 Mamuju dan merupakan duta Genre Terfavorit Sulawesi Barat Tahun 2020. Dia dikenal aktif dan sering terjun langsung ke masyarakat memberikan sosialisasi tentang persiapan berkeluarga. Selanjutnya mereka akan melaju ke tahap presentasi proposal tahap I untuk diseleksi kembali menjadi 15 proposal. Presentasi tahap I secara virtual dijadwalkan diselenggarakan tanggal  28 Agustus 2021.

Akbar, salah satu peserta MYRES 2021 yang lolos ke dalam 50 proposal terpilih bersama salah satu rekannya

MYRES 2021 adalah salah satu program pembinaan bakat dan potensi siswa madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang dikembangkan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Melalui kegiatan ini, siswa madrasah diharapkan dapat membangun sikap integritas dan bertanggung jawab, kemampuan beradaptasi, berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri serta kemampuan berkomunikasi dan menulis karya Ilmiah.

Pembina MYRES MAN 1 Mamuju, Namirah mengungkapkan akan melakukan upaya pembinaan dan persiapan semaksimal mungkin sebelum mengikuti presentasi virtual tahap I. “Tahun ini kita bersemangat untuk bisa lolos lagi ke presentasi tahap II. Insya Allah dengan pengalaman yang sama di tahun sebelumnya, kita berupaya dan berdo’a bisa memperoleh pencapaian yang lebih baik” ujarnya optimis.

Mengajak peserta MYRES mengunjungi perpustakaan daerah, salah satu tips meningkatkan minat baca dan wawasan peserta
Namirah, S.Si., Pembina MYRES MAN 1 Mamuju saat konsultasi dengan Kepala Perpustakaan Kab. Mamuju tentang MYRES dan program Literasi di Kabupaten Mamuju

Ditemui di sela-sela kesibukan persiapan reakreditasi dan audit TUSI di madrasah, Kepala MAN 1 Mamuju, Hj. Sumiati menyampaikan ucapan selamat dan mendorong Tim MYRES MAN 1 Mamuju untuk mempersiapkan diri lebih baik dari sebelumnya. “Hal ini harus menjadi motivasi bagi siswa-siswi MAN 1 Mamuju khususnya untuk terus mengembangkan potensi intelektualnya tanpa henti dan menumbuhkembangkan budaya membaca dan menulis serta budaya meneliti di kalangan siswa-siswi madrasah sesuai dengan bidang yang menjadi minat dan bakat masing-masing. Semoga animo siswa MAN 1 Mamuju untuk ambil bagian dalam kegiatan MYRES tahun berikutnya bisa semakin meningkat” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*