ASRAMA SISWA TERPADU MAN 1 MAMUJU, ANTARA IKHTIAR HARAPAN DAN PRESTASI

ASRAMA SISWA TERPADU MAN 1 MAMUJU, ANTARA IKHTIAR HARAPAN DAN PRESTASI

Humas (5/12/2020)

Proyek pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara ( SBSN) 2019 adalah anugrah yang efeknya sangat dirasakan oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Mamuju. Program ini adalah jawaban dari permasalahan sarana dan prasarana yang belum terpenuhi di madrasah ini, khususnya asrama dan aula untuk mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan untuk menunjang peningkatan prestasi siswa baik dalam even lokal maupun nasional.

Pemanfaatan asrama terpadu siswa MAN 1 Mamuju sebagai tempat siswa dan guru pembina berkolaborasi mengembangkan potensi siswa sampai saat ini telah mencetak beberapa prestasi yang membanggakan. Salah satu program unggulan madrasah yakni program Tahfidz telah membina 6 orang siswa. Secara kuantitas belum jumlah yang banyak namun rata-rata hafalan mereka sudah sampai 2 juz lebih selama mereka boarding di asrama. Harapan ke depan 6 siswa ini akan menjadi percontohan untuk mencetak lebih banyak lagi generasi penghafal dan pengamal ajaran Alqur’an dari kalangan madrasah

Prestasi lain dalam bidang riset, perwakilan MAN 1 Mamuju berhasil masuk dalam 50 besar proposal terbaik pada kompetisi Madrasah Young Reseachers Super Camp (MYRES) tingkat Nasional TAHUN 2020 bidang penelitian sosial humaniora, Juara 1 Lomba Film Oimpiade Dakwah yg diadakan oleh UIN Alauddin Makassar dan Juara III Lomba Esai Matematika dalam perhelatan Genius on Mathematics in Real Application (GEOMETRI) Tingkat Nasional Tahun 2020 oleh UNM Makassar serta terpilihnya salah satu siswa MAN 1 Mamuju sebagai Duta Genre Terpavorit Sulawesi Barat Tahun 2020. Pada ajang KSMO tahun 2020 siswa MAN 1 Mamuju juga berhasil menempati urutan ke-2 tingkat provinsi bidang lomba ekonomi terintegrasi. Sederet prestasi tersebut tidak lepas dari pemanfaatan Asrama Terpadu sebagai sarana selama bimbingan, latihan dan presentasi. Satu lagi yang tak kalah membanggakan 3 siswa MAN 1 Mamuju juga ambil bagian pada MTQ tingkat Nasional mewakili cabang Fahmil Quran, juga memanfaatkan sarana yang sama untuk memantapkan persiapan. Belum lagi pemanfaatan di tingkat lokal madrasah seperti pada pelaksanaan PORSENI antar kelas, Festival Bulan Bahasa, lomba yang diadakan saat peringatan hari-hari besar, bimbingan persiapan Kompetisi Sains Madrasah dan pertemuan forum MGMP dan KKG yang semuanya menggunakan fasilitas baru di asrama terpadu MAN 1 Mamuju.

Pemanfaatan ini tidak hanya dirasakan oleh stakeholder madrasah tapi juga dari pihak eksternal seperti Kementerian Agama Kabupaten Mamuju. Hal itu bisa dilihat dari asrama yang dijadikan sebagai tempat pelatihan-pelatihan tingkat kabupaten Mamuju.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Mamuju, Hj. Sumiati, S.Ag menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Dirjen Pendidikan Islam dan Direktorat KSKK Kementerian Agama RI atas terlaksananya program SBSN 2019 yang melibatkan MAN 1 Mamuju di dalamnya. “Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana adalah ikhtiar pemerintah khususnya Kementerian Agama RI untuk menciptakan pendidikan madrasah yang berkualitas, unggul dan berkarakter, warga madrasah harus berusaha lebih memaksimalkan lagi penggunaan asrama siswa terpadu MAN 1 Mamuju untuk torehan prestasi-prestasi berikutnya, kita selalu punya harapan bahwa anak-anak madrasah punya potensi yang harus selalu kita dukung agar mereka dapat mengeksplornya demi kebaikan dan kemajuan bersama” tuturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*