Gema Santun Ramadhan Part 3
Keterangan Gambar : Ka.Kanwil Kemenag Sulbar DR.H.M.Muflih B.Fattah membawa sambutan.

Gema Santun Ramadhan Part 3

Keterangan Gambar : Ka.Kanwil Kemenag Sulbar DR.H.M.Muflih B.Fattah membawa sambutan.

Humas MAN 1 Mamuju

Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulbar kembali menggelar Gema Santun Ramadhan Part 3. Kali ini lokasinya di MTsN 1 Mamuju yang menghadirkan seluruh Sarker madrasah Negeri beserta madrasah swasta dlm wilayah kerja KKM masing-masing, disamping itu Pengawas Madrasah pun ikut serta dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan yang dilaksanakan 28 Mei 2019 ini.

Diawal acara Ka.Kanwil Kemenag Sulbar Dr.H.M. Muflih B.Fattah, M.M  dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini perlu direspek dengan baik karena hal ini merupakan penyampaian program yang pada akhirnya membuat kita harus menggenjot diri untuk melaksanakan kegiatan kegiatan inovatif agar kita bisa sama dengan madrasah-madrasah unggul lainnya dan sekaligus merupakan ajang silaturahmi antar pelaku pendidikan di madrasah.

Beliau juga berharap agar semua orang yang berkecimpung dimadrasah dapat memahami dan memaknai Visi dan misi Kemenag.
Tidak hanya dipampang akan tetapi dapat kita realisasikan dalam setiap kegiatan yang menjadi tupoksi kita masing-masing.

Disamping itu jg berharap agar rencana kerja yang dibuat sesuai dengan schedule yang sudah disepakati bersama.

Keterangan Gambar: Kabid Penmad, DR.H.Muhammad Dinar Faisal, M.Si melaporkan kegiatan

Dikesempatan yg sama Ka.Bidang Pendidikan Madrasah Dr.H.Muhammad Dinar Faisal, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan dibulan suci ini harus dilaksanakan melalui Gerakan Madrasah dalan Untaian Ramadhan (gema santun Ramadhan) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh stake holder tentang visi dan misi Bidang Pendidikan Madrasah dalam rangka penyusunan Renstra 2019 – 2024.
“Dengan visi misi ini kami berharap agar semua pimpinan satker madrasah dapat berbenah diri sebab visi misi bidang pendidikan madrasah ini merupakan implementasi dari 3 Mantra Kementerian agama  yaitu moderasi beragama, kebersamaan dan  integrasi data  yang nantinya akan dibrick down sesuai kearifan lokal satuan kerja masing-masing” lanjutnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa ; dengan membangun manajemen sistem digitalisasi di  dilingkungan madrasah akan memudahkan kita dalam mengukur kinerja pegawai, sebab sistem penyelenggaraan  madrasah berbasis kinerja ini akan dituanglan dalam  aplikasi E-RKAM (elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah).  E-RKAM ini  memuat rencana kerja satker dalam satu tahun anggaran yang dilengkapi dengan time schedule pelaksanaannya. Sehingga semua program kerja dapat dilaksanakan sesuai perencanaan dengan waktu yang tepat.
e-RKAM ini merupakan Implementasi PP 46 tahun 2011 tentang Sasaran Kerja Pegawai.
Selanjutnya beliau juga menekankan agar semua ASN dapat memahami betul tugas dan fungaix masing-masing sesuai jabatan yg diemban agar tidak kewalahan dalam menghadapi tim audit.

Hal lain yang diuraikan Kabid pendidikan madrasah kali ini adalah Penguatan Satker Madrasah sebagai induk KKM yg nantinya diharapkan dpt memberikan manfaat dalam pengolaan data pendidikan yang terintegrasi, penerapan Implementasi K13 secara merata, Redistrbusi guru yg diemban dan pengalokasian anggaran kegiatan peningkatan  kompetensi guru melalui pemberdayaan KKG, MGMP dan pokjawas yg akuntabel. (AKM)

Penulis:andikurniamuin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*