MATSAMA Memperkenalkan Siswa Baru Pada Lingkungan Baru di Madrasah
Kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati, S.Ag memasangkan atribut Matsama secara simbolis kepada siswa putra dan putri

MATSAMA Memperkenalkan Siswa Baru Pada Lingkungan Baru di Madrasah

Kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati, S.Ag memasangkan atribut Matsama secara simbolis kepada siswa putra dan putri.Masa Ta’aruf Siswa Madrasah yang lebih dikenal dengan MATSAMA adalah masa atau waktu yang disediakan oleh Madrasah Penerima Peserta Didik Baru untuk memfasilitasi Peserta Didik Baru agar saling mengenal antar peserta didik baru, lingkungan sekolah baru, guru dan hal lain yang terkait dengan Madrasah.

Seperti halnya dengan sekolah atau madrasah lainnya, MAN 1 Mamuju pun melakukan matsama yang dibuka oleh kepala MAN 1 Mamuju Hj.Sumiati S.Ag pada 15 Juli 2019 lalu di lapangan gedung lama. Kegiatan pembukaan ini dirangkaikan dengan upacara rutin setiap senin di awal masuk sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa dan tenaga pendidik kependidikan.

Dalam arahannya, Hj.Sumiati menyambut seluruh peserta upacara dengan memberi motifasi agar lebih bersemangat dan bisa lebih baik dari sebelumnya. Tak lupa dia mengucapkan selamat kepada siswa yang berhasil lulus masuk di MAN 1 Mamuju.

” Selamat kepada anak-anakku yang telah berhasil melewati berbagai tes (tes mengaji,sholat,CBT, dan wawancara). Kalian adalah orang yang sangat beruntung diantara mereka yang juga berusaha namun belum berhasil bergabung di MAN 1 Mamuju. Karena itu pergunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin, jangan disia-siakan” ucapnya.

“Karena kalian sudah bergabung di MAN 1 Mamuju, maka dengan begitu semua peraturan harus bisa di laksanakan dengan taat dan patuh, demikian pula siswa lama.” Lanjutnya.

Dalam kegiatan itu juga Hj.Sumiati menegaskan kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan agar tidak tinggal diam, tetapi berusaha untuk meningkatkan kualitas masing-masing demi menjaga kepercayaan orang tua yang menitipkan anaknya di MAN 1 Mamuju.

Ny.Hj.Farhana Muflih saat membawakan materi “pentingnya kejujuran pada pelajar”.

Pada kegiatan ini, para agen SPAK Kanwil Kemenag juga berpartisipasi dalam menyebarkan virus kejujuran pada siswa baru. Hj.Farhana Muflih (ketua DWP Kanwil Kementerian Agama Prov Sulawesi Barat) membawakan materi “Pentingnya Kejujuran Bagi Pelajar”.
“Jujur itu penting untuk menjaga kepercayaan orang lain pada kita, jujur dilakukan bukan karena kita takut dilihat orang, tetapi karena kita takut kepada Allah” Tegas Hj.Farhana.

Salah seorang peserta Matsama menjawab pertanyaan dari Ny.Hj.Andi Kurnia Dinar terkait Korupsi dilingkungan pelajar

Sementara Agen SPAK Kemenag Hj.Andi Kurnia Dinar, mengawali kegiatan dengan memperkenalkan SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi) dan beberapa perilaku yang termasuk perilaku korupsi, diantaranya pencucian uang, gratifikasi, suap, perilaku koruptif dan anti korupsi. Tak lupa dia memberikan hadiah kepada beberapa siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang dia ajuka.   Diakhir kegiatan para Agen SPAK mengajak siswa untuk bermain Games SPAK demi menguatkan pengetahuan siswa tentang korupsi.

Selain Agen SPAK pihak Polda Sulbarpun turut memberikan pengetahuan kepada siswa tentang pentingnya tata aturan dalam berlalu lintas yang dibawakan oleh Ibu Yoyo Indayah.

17 juli 2019 Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) ditutup oleh Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan, Marsuki,SS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*