Hj.Sumiati:”Supervisi sebagai Evaluasi dan Tindak Lanjut Perbaikan PBM”

Hj.Sumiati:”Supervisi sebagai Evaluasi dan Tindak Lanjut Perbaikan PBM”

 


Supervisi pendidikan merupakan pembinaan yang berupa tuntunan atau pembinaan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya serta peningkatan mutu mengajar dan juga belajar pada khususnya. Tujuan supervisi pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam meningkatkan proses hasil belajar melalui pemberian bantuan yang terutama bercorak layanan profesional kepada guru. Jika proses belajar meningkat, maka hasil belajar diharapkan juga meningkat. Dengan demikian, rangkaian usaha supervisi akan memperlancar pencapaian tujuan kegiatan belajar mengajar (Depdikbud, 1986).

Diawal semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati, S.Ag melaksanakan program supervisi. Kegiatan ini dilakukan selama 2 bulan yaitu Juli sampai Agustus. Bulan Juli digunakan untuk supervisi perangkat pembelajaran dan  bulan Agustus digunakan untuk melakukan supervisi proses pembelajaran.

Setiap akhir supervisi, Hj.Sumiati selaku supervisor selalu melakukan bimbingan dan penguatan terhadap keterampilan mengajar guru-guru di MAN 1 Mamuju. Dia mengatakan bahwa supervisi ini dapat meningkatkan profesionalisme  guru dalam melaksanakan tugas pokoknya.
“Saya berharap supervisi ini berjalan efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran” kata Kepala MAN 1 Mamuju.

Ketika ditanya tentang hasil supervisi, dia mengatakan bahwa semua  guru MAN I Mamuju dapat menyusun perangkat pembelajaran dengan amat baik dan melaksanakan pembelajaran dengan baik.
” Saya berharap kepada guru agar hasil supervisi dapat menjadi evaluasi dan tindak lanjut untuk perbaikan pembelajaran” pesan Hj.Sumiati untuk guru-guru.(AKM)

Reporter : Andi Kurnia Muin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*