KHIDMAT, UPACARA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2020 SE-KECAMATAN MAMUJU SUKSES TERLAKSANA

KHIDMAT, UPACARA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2020 SE-KECAMATAN MAMUJU SUKSES TERLAKSANA

Mamuju (22/10/2020)

Upacara peringatan hari santri nasional tahun 2020 se-Kecamatan Mamuju berlangsung khidmat. Dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat, H.M Muflih B Fattah, pelaksanaan dipusatkan di MTsN 1 Mamuju dengan menerapkan protokol kesehatan.

Diikuti oleh pelajar madrasah dari tingkat MTs dan MA, juga santri dari pondok pesantren di Mamuju, bertugas sebagai pelaksana upacara pelajar dari  MAN 1 Mamuju, MTsN 1 Mamuju dan pondok pesantren. Dalam sambutan seragam Menteri Agama RI yang dibacakan oleh pembina upacara, tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” menitipkan harapan agar semua pihak melakukan ikhtiar bersama dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, salah satunya melalui budaya khas pesantren yaitu kedisiplinan.

Resolusi jihad mempertahankan kemerdekaan dan melawan penjajah telah dideklarasikan oleh  KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945. Semangat jihad ini kemudian menjadi tonggak lahirnya peristiwa bersejarah 10 November 1945 yang biasa diperingati sebagai Hari Pahlawan. Perjuangan dan andil para ulama dan santri harus senantiasa diingat oleh generasi muda sehingga kobaran semangat persatuan dan bela negara selalu menyala di dada mereka. Sesuai dengan ajakan pada Mars Hari Santri, untuk meneruskan perjuangan ulama demi keutuhan bangsa dan Negara.

Suasana haru terasa saat do’a dilantunkan oleh KH. Namru Asdar, S.Ag. Munajat harapan agar bangsa Indonesia dapat mewarisi dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan upaya sebaik mungkin sebagai bentuk terima kasih kepada pejuang bangsa yang gugur memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Semarak peringatan hari santri kembali terasa saat penampilan  kolaborasi Marawis MAN 1 Mamuju dan MTsN 1 Mamuju pada akhir acara.

(Humas MAN 1 Mamuju)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*