KONTINGEN MAN 1 MAMUJU SUKSESKAN KSMO TINGKAT NASIONAL TAHUN 2020

KONTINGEN MAN 1 MAMUJU SUKSESKAN KSMO TINGKAT NASIONAL TAHUN 2020

Humas (11/11/2020)

Kompetisi  Sains Madrasah Online tahun 2020 tingkat Madrasah Aliyah dilaksanakan serentak hari ini Rabu, 11 Nopember 2020. Setelah melalui beberapa persiapan, peserta dari MAN 1 Mamuju mengikuti KSMO yang dilaksanakan sejak pukul 09.00 – 16.00 WITA. Kegiatan dipusatkan di laboratorium MAN 1 Mamuju.

Ada beberapa hal yang berbeda dengan pelaksanaan KSM tahun sebelumnya. Selain dilaksanakan secara online, KSMO tingkat nasional tahun 2020  tidak melalui  seleksi tingkat kabupaten dan provinsi. Madrasah hanya melaksanakan seleksi di tingkat satuan pendidikan untuk memilih peserta yang akan mengikuti KSMO di  tingkat Nasional.

Salah satu peserta untuk bidang Matematika teritegrasi, Resky Amalia mengungkapkan bahwa integrasi nilai-nilai agama sangat kental dengan soal-soal KSMO  tahun ini. “Ada beberapa soal yang menggunakan bahasa Arab dan Bahasa Inggris” ungkapnya.

Ditemui saat memantau pelaksanaan, Nurwahyudin Najamuddin, S.Pd selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan berjalan relatif  lancar. Sempat terjadi gangguan koneksi jaringan dari pusat saat sesi pertama dimulai, namun hanya sekitar 10 menit. Setelah itu semua dapat dikendalikan. Berlangsung dalam 3 sesi, masing-masing peserta terlihat tenang menyelesaikan soal-soal untuk memperoleh hasil yang terbaik. “Berdasarkan evaluasi pelaksanaan hari ini, ke depannya bimbingan KSMO tingkat satuan pendidikan perlu melibatkan guru bidang studi agama karena soal-soal KSMO lebih dominan dengan integrasi nilai-nilai agama. Kami sudah melakukan persiapan dengan baik  sisa menunggu hasil, semoga bisa menjadi yang terbaik” ujarnya optimis.

Pelaksanaan KSMO merupakan upaya pemerintah khususnya Kementerian Agama dalam memacu dan mengembangkan kompetensi pelajar madrasah di bidang sains. Harapan agar tetap mengedepankan keilmuan dalam bidang agama menjadi dasar sehingga nilai-nilai dan ilmu agama diintegrasikan dalam setiap bidang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*