LOLOS KE TAHAP BERIKUTNYA, TIM MYRES MAN 1 MAMUJU IKUTI PRESENTASI VIRTUAL

LOLOS KE TAHAP BERIKUTNYA, TIM MYRES MAN 1 MAMUJU IKUTI PRESENTASI VIRTUAL

Setelah lolos dalam 50 besar Madrasah Young Researcher  Super Camp (MYRES)  yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia, duta dari perwakilan Madrasah Aliyah Negeri 1 Mamuju Selasa, 20 Oktober 2020 mengikuti tahap presentasi proposal secara virtual. Presentasi dilaksanakan sejak tanggal 17 Oktober 2020 dan dijadwalkan akan berakhir hari ini.

Mengusung tema Budaya “Sibaliparriq”, penelitian bidang sosial dan humaniora ini selain sebagai wadah penyaluran bakat minat dan budaya meneliti di kalangan pelajar madrasah, juga diharapkan dapat menjadi salah satu referensi pengenalan ajaran mulia dari  budaya leluhur khususnya dari tanah Mandar. Melibatkan Mi’raj sebagai peserta, Muhammad Ryas Risadi sebagai ilustrator, keduanya melakukan berbagai persiapan bersama guru pembimbing di aula Asrama siswa Terpadu  MAN 1 Mamuju.  Ditemui saat latihan, Namirah, S.Si selaku guru pembimbing menyampaikan bahwa  pengenalan budaya Sibaliparriq sebagai konsep pembagian peran dan kerja sama dalam keluarga dan masyarakat penting bagi generasi muda, semangat gotong royong dalam Sibaliparriq  dapat  menangkal arus budaya asing yang mengarah pada lahirnya sikap individualistik.

Apresiasi yang besar juga disampaikan oleh Kepala MAN 1 Mamuju, Hj. Sumiati, S.Ag. Sejak dimulainya gelaran MYRES 2020 sampai tahap pengumuman pertama, selaku kepala madrasah selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada tim MYRES untuk senantiasa menampilkan yang terbaik. “Kegiatan ini adalah kesempatan emas dan bentuk apresiasi dari Kementerian Agama RI khususnya Direktorat KSKK terhadap bakat dan minat menulis di kalangan pelajar madrasah sehingga pelajar madrasah  harus bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin” tuturnya memotivasi. Support juga datang dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Barat dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah melalui Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi. Prestasi yang diraih Tim MAN 1 Mamuju dari gelaran MYRES diharapkan dapat memotivasi pelajar madrasah yang lain dalam menumbuhkan budaya riset di masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*