MAN 1 Mamuju Membentuk Kepribadian Siswa Melalui Gerakan Pramuka

MAN 1 Mamuju Membentuk Kepribadian Siswa Melalui Gerakan Pramuka

Pagi-pagi buta, tanpa mengenal cuaca siswa yang mengikuti kegiatan pramuka, menjaga kesehatan lahir dan bathin melalui olah batin dengan sholat dan dzikir  kemudian olah raga bersama. Meskipun sejak pembukaan sampai semalaman mereka diguyur hujan mereka tetap bersemangat dan ceria. Demikian keterangan salah satu pembina pramuka, Ramli, S.Pd.

Kegiatan Penerimaan tamu ambalan ke-VI diikuti oleh 2 sanggah putra dan 2 sanggah putri pangkalan MAN 1 Mamuju gudep 04.129-04.130 yang masing-masing terdiri dari siswa/i kelas X .

Kegiatan yang dibuka 24 Agustus 2019 yang akan berlangsung sampai 25 agustus 2019 ini, menyuguhkan beberapa materi yaitu Pramuka umum dan indonesia, Keagamaan, Persidangan, Sandi , Materi pramuka warrior scout, Api unggun, dasa dharma, pentas seni serta jurit malam, Baksos dan outbond.

Kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati, S.Ag mengatakan bahwa sejak implementasi kurikulum K13  pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib.

“MAN I Mamuju mengagendakan setiap tahun pendidikan kepermukaan yang menjadi salah satu wadah membentuk kepribadian dan akhlakul karimah  peserta didik. Melalui persami pendidikan kepermukaan dapat dilaksanakan yang bertujuan anggota pramuka penegak MAN I Mamuju memiloki kemandirian, terus berkarya dan memiliki disiplin yang tinggi, sosial bertanggungjawab , jujur, berkharisma dan berjiwa religius dan taat  kepada Allah Swt. Mudah mudahan dengan mengikuti persami ,apa yang didapatkan dapat terinternalisasi sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan dimanapun berada.” Tutur kepala MAN 1 Mamuju.

“Sampai saat ini kondisi anak sangat siap dan antusias. Saya berharap semoga peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampai akhir dan berhasil menjadi tamu ambalan MAN 1 Mamuju ” kata Ramli ditengah-tengah kegiatan outbond yang juga disampaikan saat membuka acara.

Sementara Nanda pembina pramuka putri yang bernama lengkap  Nahdatul Rugaiziah Ahmad, S.Pd sangat terkesan dengan kegiatan pramuka kali ini. Pasalnya anak-anak begitu antusias, meskipun semalam hujan dan sekarang panas menyengat, mereka tetap semangat. Terlihat dari kelincahan dan keceriaan mereka dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

“Kegiatan yang dipelopori oleh Robert Stephenson Smyth Baden-Powell atau yang lebih dikenal dengan Lord Baden-Powell ini bertujuan untuk  membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda, menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa didalam diri generasi muda dan menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara”. Lanjut Nanda.

Reporter : Andi Kurnia Muin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*