MAN 1 MAMUJU Siapkan Muballigh Muda Menyambut Ramadhan
Atas : Sambutan kepala MAN 1 Mamuju Hj.Sumiati, S.Ag. Tengah : Peserta Training Dai Daiyah Bawah : salah seorang peserta melakukan praktek ceramah.

MAN 1 MAMUJU Siapkan Muballigh Muda Menyambut Ramadhan

Atas : Sambutan kepala MAN 1 Mamuju Hj.Sumiati, S.Ag.
Tengah : Peserta Training Dai Daiyah
Bawah : salah seorang peserta melakukan praktek ceramah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang bulan suci Ramadhan, Madrasah Aliyah Negeri 1 Mamuju kembali melakukan training kepada 40 siswa dan siswi madrasah pada 1 April 2019 lalu.

Ditemui ditempat kerjanya pembina Lembaga Dai Madrasah (LDM) Nahda,S.Ag selaku panitia mejelaskan tujuan dari kegiatan tersebut. Menurutnya tujuannya adalah untuk membimbing secara tekhnis gambaran tabligh dalam berbagai kegiatan dakwah, membangun self image dai yang positif, produktif dan inovatif . Selajn itu untuk melatih dan meningkatkan kompetensi dasar dai dalam menulis dan tampil didepan umum.
Tema yang diusung adalah “membangun profesionalitas da’i da’iyah diera milenial” dengan harapan agar out putnya mampu menyampaikan dakwah secara profesional, kreatif dan inovatif di lingkungan madrasah maupun dilingkungan masyarakat.

Kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati, S.Ag mengatakan bahwa untuk menindak lanjuti edaran Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Barat tentang himbauan kepada muballigh dan para penyuluh dalam menyampaikan dakwahnya yaitu 1)mengedepankan pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan , 2)dampak terorisme mengancam keutuhan NKRI, 3)agama Islam dalam menangkal faham radikalisme, maka dia berharap agar para pembina dapat mengawal dan mendampingi siswa siswi dalam memilih materi dakwah.
” Kita harus menjadi teladan dan pelopor dalam sholat dhuha’ dan Kulim (kuliah lima menit) ba’da dhuhur di masjid masing-masing, dan setiap materi dakwah tidak menyinggung SARA dan hal-hal yang dapat memicu konflik antar umat beragama maupun konflik antar sesama muslim” pesan Hj.Sumiati dalam sambutannya pada acara pembukaan training da’i.

“Kami targetkan selain 40 siswa siswi yang baru ditraining ini, ada juga siswa yang memang sudah mahir dalam berdakwah akan kami luncurkan. Minimal 1 anak 5 kali berdakwah” pungkas Najrah,S.Ag selaku koordinator keagamaan di MAN 1 Mamuju. Selain itu dia juga menjelaskan bahwa lokasi dakwah anak-anak diutamakan di wilayah tempat tinggalnya masing-masing.(AKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*