Mempererat Silaturahmi Siswa Baru, MAN 1 Mamuju Gelar Matsama Virtual 2021

Mempererat Silaturahmi Siswa Baru, MAN 1 Mamuju Gelar Matsama Virtual 2021

HUMAS MAN 1 MAMUJU – Pasca pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021, MAN 1 Mamuju di bawah naungan Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat menggelar kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) 2021 secara virtual via Zoom Meeting yang berpusat di Aula MAN 1 Mamuju Jl Soekarno Hatta, Senin (12/07).

Matsama yang digelar di tengah pandemi covid-19 selama tiga hari ini, dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Barat Dr. H. Muflih B.Fattah, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulbar Dr. H. Muhammad Dinar Faisal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju Dr. H. Syamsuhri Halim, didampingi oleh Kepala MAN 1 Mamuju Hj Sumiati, para Wakil Kepala Madrasah, guru dan tenaga kependidikan, komite sekolah, pengurus OSIS, serta seluruh siswa baru Kelas X MAN 1 Mamuju Tahun Pelajaran 2021-2022.

Ketua Panitia Matsama 2021 Marzuki mengungkapkan bahwa Matsama diharapkan menjadi suatu kegiatan yang dapat membentuk mental, kedisiplinan, dan kecintaan peserta didik baru terhadap lingkungan madrasah,  khususnya MAN 1 Mamuju. “Selain itu, Matsama ini juga bisa menjadi wadah bagi peserta didik untuk lebih mengenal dan memahami kondisi yang ada di MAN 1 Mamuju. Baik secara fisik maupun nonfisik,” ungkapnya.

Marzuki menambahkan dengan adanya pemahaman sejak dini mengenai kondisi lingkungan yang dimasukinya, maka tentu akan menjadi salah satu penentu keberhasilan peserta didik dalam beradaptasi. “Selain itu peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya untuk mencapai kesuksesan pembelajaran di MAN 1 Mamuju nantinya,” tambah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan ini.

Matsama tahunan yang mengangkat tema Melalui Teknologi Kita Jalin Silaturahim Guna Memperkokoh Persaudaraan dan Membentuk Generasi Berprestasi di Masa Pandemi Covid-19 ini digelar selama tiga hari. Jadwal kegiatannya yaitu setiap pagi sebelum kegiatan dimulai, peserta didik melaksanaan sholat dhuha dan tadarrus Al Quran di rumah masing-masing.

Selajutnya, mereka akan menerima materi dari para narasumber dalam lingkup Kementerian Agama Sulawesi Barat. Adapun materi yang diberikan yaitu Moderasi Beragama, Sejarah dan Perkembangan Madrasah, Ukhuwah Islamiyah Basyariah dan Wathoniyah, pengenalan struktur kurikulum dan peminatan, kesiswaan dan organisasi, pengenalan ekstrakurikuler, dan lainnya.

Kepala MAN 1 Mamuju Hj Sumiati dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada peserta didik baru yang telah memilih MAN 1 Mamuju sebagai tempat melanjutkan pendidikan. Mengawali tahun pelajaran 2021/2022, kepada peserta didik baru untuk senantiasa mengikuti kegiatan Matsama yang dilaksanakan secara virtual karena masih dalam masa pandemi covid-19.

“Melalui kegiatan ini, peserta didik baru diajak mengenal lingkungan madrasah, sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan MAN 1 Mamuju. Kami berharap seluruh peserta didik baru selalu dalam keadaan sehat dan dalam perlindungan Allah Swt. Mari kita senantiasa berdoa dari rumah, semoga pandemi ini cepat berlalu sehingga kita bisa bertatap muka secara langsung,” ungkapnya. (NJA)

Link Youtube Kegiatan MATSAMA VIRTUAL 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*