Pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) sebagai Bentuk Tindak Lanjut Penjaringan Kader Kesehatan MAN 1 Mamuju

Pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) sebagai Bentuk Tindak Lanjut Penjaringan Kader Kesehatan MAN 1 Mamuju

Narasumber Pelatihan Kader Kesehatan Remaja

MAN 1 Mamuju Mengadakan Pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) sebagai Bentuk Tindak Lanjut Penjaringan Kader Kesehatan Remaja yang  dilaksanakan pada Minggu, 12 Mei 2019. Pelatihan dibuka pada pukul 08.00 oleh Kepala MAN 1 Mamuju Hj. Sumiati, S.Ag. Dia menegaskan bahwa dengan diadakannya kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan Remaja tersebut merupakan bentuk tindak lanjut setelah Penjaringan Kader Kesehatan yang dilakukan beberapa waktu yang lalu. Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan peserta didik dan semua stakeholder yang ada di MAN 1 Mamuju. Selain itu, beliau menambahkan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat mengedukasi peserta pelatihan agar menjadi pelopor dan mentor dalam meningkatkan derajat kesehatan di Madrasah.

“Tindak lanjut dari kegiatan tersebut diharapkan agar sebagai kader kesehatan berperan aktif dalam mengembangkan lembaga UKS/M MAN 1 Mamuju sehingga mampu bersaing dengan lembaga UKS/M lainnya”. Ujar Namirah, S.Pd selaku ketua panitia.

Peserta Pelatihan Kader Kesehatan Remaja dihadiri oleh 20 peserta didik yang terdiri dari siswa-siswi kelas X dan XI yang juga merupakan anggota UKS dan PMR MAN 1 Mamuju.

Panitia Pelatihan KKS (Kader Kesehatan Remaja)  tersebut menghadirkan dua narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju . Narasumber pertama Yuniastri,S.Kep yang merupakan Promotor Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju memberikan meteri tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Dalam materinya, beliau memberikan ilmu tentang tindakan P3K, pencegahan pendarahan, peralatan P3K, pedoman P3K, serta cara evakuasi korban kecelakaan. Dalam pelaksanaannya, beliau mengajak peserta melakukan simulasi penanganan korban saat kejadian kecelakaan. Peserta pelatihan diajak melakukan Pertolongan dengan cara yang tepat dan benar karena tindakan yang dilakukan oleh penolong akan berakibat fatal terhadap kesehatan korban.

Narasumber kedua, Nuralam, A.Md.KG menyampaikan materi tentang Unit Kesehatan Siswa (UKS) dan Kader Kesehatan Remaja (KKR). Narasumber yang juga merupakan Pelaksana Tugas UKS/UKGS Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju tersebut memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan tentang unsur-unsur yang terkait dengan Unit Kesehatan yang ada di Sekolah/Madrasah. Dia juga memberikan materi tentang tugas dan tanggung jawab KKR serta Kriteria yang harus dimiliki oleh peserta KKR.

Praktek Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

 

Penulis , fotografer : Muhammad Saad

Editor : Andi Kurnia Muin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*