PENILAIAN AKHIR SEMESTER  (PAS) Tahun Pelajaran 2019 – 2020 dengan menggunakan E-Learning Madrasah berbasis Computer Based Test (CBT)

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) Tahun Pelajaran 2019 – 2020 dengan menggunakan E-Learning Madrasah berbasis Computer Based Test (CBT)

Hari ini senin 08 juni 2020 merupakan hari pertama pelaksanaan PENILAIAN AKHIR SEMESTER  (PAS) Tahun Pelajaran 2019 – 2020 dengan menggunakan E-Learning Madrasah berbasis Computer Based Test (CBT) pada MAN 1 MAMUJU, sesuai Surat Edaran Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI nomor B-686.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa Darurat Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Harapan Kepala Madrasah Hj.Sumiati mnyampaikan  alhamdulillah antusias siswa dalam mengikuti PAS CBT ini sangat tinggi, meskipun ada beberapa kendala siswa tidak bisa mengakses karena pengaruh jaringan dilokasi tempat tinggal yang kurang mendukung. Namun, sampai saat ini tingkat parsifasi dan kehadiran dalam mengikuti PAS CBT mencapai 75%-92% dari setiap kelas yang mengikuti ujian tersebut.

E-learning madrasah adalah sebuah metode pembelajaran yang menuntun siswa untuk mempelajari sebuah topik atau materi bahkan sampai pada penilaian akhir yang menggunakan akses internet entah itu melalui website/blog, e-book, video,dll.

E-learning sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang Proses Pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul athfal (RA), madrasaha Ibtidaiyah (MI), Madrasaha Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik, dan interaktif.

e-Learning Madrasaha mempunyai 6 role akses diantaranya Operator madrasah (administrator), Guru mata pelajaran, guru bimbingan Konseling, Wali Kwlas, Siswa, Supervisor 9Kepaa madrasah dan jajarannya)

Aplikasi ini sangat bermamfaat dalam kegiatan pemblajaran jarak jauh ditengan mewabahnya penyakit  COVID-19 ditahun 2020 ini yang mengharuskan para peserta didik untuk tetap mengakses pembelajaran meskipun dilaksanakan dirumah (stay at home).

Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum  Nurwahyuddin Najamuddin menyampaikan bahwa Dalam e-Learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat. Fitur tersebut antara lain Kelas Online. Fitur Kelas Online ini berisi berbagai konten. Mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.


Kehadiran e-learning madrasah memberikan banyak kelebihan diantaranya:

  1. Penggunaan E-learning untuk menunjang pelaksanaan proses belajar dapat meningkatkan daya serap peserta didik atas materi yang diajarkan.
  2. Meningkatkan partisipasi aktif dari peserta didik. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton.
  3. Meningkatkan kemampuan belajar mandiri peserta didik. Sehingga peserta didik tidak selalu bergatung kepada temannya.
  4. Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan. Dimana materi yang bisa diberikan oleh pendidik akan meningkat kualitasnya karena bisa mengambil dari berbagai sumber yang ada.
  5. Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, dimana dengan perangkat biasa sulit dilakukan.
  6. Mata Pelajaran yang di ujiankan hari ini Qur’an Hadist, salah seorang guru tsb M.Ramli memberikan harapannya dengan adanya e-learning madrasah ini :
  7. Semoga kedepannya e-learning madrasah bisa menjadi aplikasi inti dalam PBM baik untuk guru maupun siswa.
  8. Semoga kedepannya e-learning madrasah selai bisa diakses secara ON-LINE juga bisa OFF-LINE (Misalnya siswa menjawab soal secara OFF-LINE kemudian hasilnya diupload melalui ON-LINE).
    Humas MAN 1 Mamuju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*