PIK REIS MAN 1 MAMUJU PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA DENGAN WEBINAR NASIONAL DAN PEMBAGIAN MASKER

PIK REIS MAN 1 MAMUJU PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA DENGAN WEBINAR NASIONAL DAN PEMBAGIAN MASKER

Humas (02/12/2020)

PIK REIS MAN  1 Mamuju berkontribusi dalam rangkaian peringatan Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2020 dengan melaksanakan webinar  Nasional My Health My Right dengan tema “Remaja Keren, Remaja Berprestasi, Indonesia Maju”. Kegiatan ini merupakan salah satu program PIK REIS MAN 1 Mamuju dalam hal edukasi kesehatan remaja.

Webinar nasional yang dibuka oleh kepala MAN 1 Mamuju, Hj. Sumiati, S.Ag menghadirkan  narasumber I Putu Arya Aditia Utama yang merupakan duta Genre Indonesia 2019 dan dipandu oleh Akbar, siswa MAN 1 Mamuju (duta Genre tervavorit Sulbar 2020) sebagai moderator, mereka mengajak dan mengedukasi peserta tentang HIV, akibat dan cara penularannya.  Juga mengajak untuk tidak menjauhi dan  bersimpati kepada para penderita sesuai dengan slogan “Hindari penyakitnya, bukan orangnya”. Dalam pemaparan materi dijelaskan bahwa saat ini yang dihadapi bukan sekedar perang dengan penyakitnya tapi juga perang dengan stigma terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

80 orang peserta mengikuti webinar nasional tersebut. Mereka berasal dari 6 kabupaten Se-Sulawesi Barat dan beberapa peserta berasal dari daerah lain di nusantara. Beberapa tenaga pendidik juga antusias menjadi peserta. Sasaran utama dari webinar nasional ini adalah kalangan pelajar SMA/MA di Indonesia dengan harapan mereka akan menjadi agen dalam mengedukasi pencegahan penyakit HIV kepada remaja lainnya.

Ditemui secara terpisah, pembina PIK REIS MAN 1 Mamuju, Dra. Hj. Wahdia menyambut baik terlaksananya webinar nasional tersebut. “PIK REIS MAN 1 Mamuju selama ini aktif melaksanakan berbagai program edukasi pembinaan kesehatan remaja baik secara langsung maupun melalui media sosial. Ini adalah sebuah kemajuan dengan melaksanakan webinar berskala nasional” ujarnya. Lebih lanjut  dia mengharapkan agar remaja Indonesia bisa mengambil peran masing-masing dalam pembinaan kesehatan remaja khususnya pencegahan penularan HIV AIDS.

Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama, tgl 2 Desember 2020 PIK REIS MAN 1 Mamuju juga melaksanakan pembagian masker di beberapa tempat umum seperti pantai Manakarra Mamuju. Hal ini merupakan salah satu program  yaitu  Genre berbagi dalam membantu memutus penularan Covid-19.  “Kami berinisiatif berbagi masker karena masih banyak remaja, bahkan  orang tua sekalipun yang masih mengabaikan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, khususnya penggunaan masker” ungkap Akbar, siswa kelas XI MIPA 1 MAN 1 Mamuju yang juga merupakan Putra Pendidikan Sulawesi Barat tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*