PPDB Online Hari Pertama di MAN 1 Mamuju Hampir Mencapai Kuota

Hari ini (15/06/19) MAN 1 Mamuju membuka layanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020 secara online. PPDB online ini merupakan sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan peserta didik baru, mulai dari proses pendaftaran hingga pengumuman.

Data dalam aplikasi PPDB yang digunakan,  disesuaikan dengan Petunjuk Teknis  Penerimaan Peserta Didik Baru (juknis PPDB) bagi RA dan Madrasah di naungan Kementerian Agama yang dirilis tiap tahun. Kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati  mengatakan bahwa Juknis yang dipedomani ini merupakan  Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 631 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pada hari pertama, calon peserta sempat memadati teras kantor MAN 1 Mamuju . Menurut pengakuan dari beberapa calon pendaftar  bahwa  informasi yang sebelumnya telah disebar  melalui website dan  media sosial lainnya  terkait sistem penerimaan siswa baru di MAN 1 Mamuju,  belum mereka dapatkan. Oleh karena itu panitia standby untuk memberikan layanan informasi secara maksimal.

Dari wawancara kami kepada salah satu calon peserta beberapa hari sebelumnya, mengaku tidak mengerti dengan sistem PPDB online. Oleh karena itu kami (Wakil Kepala Madrasah bidang  Humas bersama tekhnisi)  membuat video tutorial tata cara pendaftran peserta didik baru secara online. Video tutorialnya bisa dilihat pada link youtube https://youtu.be/FRYAzoLbO6s ini.

Sampai saat ini kendala-kendala yang ditemui oleh calon peserta didik saat mendaftar salah satunya adalah susah login. Setelah dikonfirmasi kepada tekhnisi, dia menyampaikan bahwa hal itu terjadi karena kendala Indihome yang dipake Sekolah, koneksinya kurang stabil jadi IPnya berubah-ubah. Hal itu disebabkan karena  Indiome di sekolah tidak punya IP Statik sehingga perlu beberapa settting untuk bisa akses.  Namun kendala itu segeta bisa diatasi dan calon pendaftar kembali bisa login. Sampai saat ini 15 juni 2019 pukul 16.00 wita jumlah pendaftar yang sukses login sudah mencapai 80 an. Sementara siswa yang akan diterima hanya 144 siswa.

Reporter : Andi Kurnia Muin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*