Program Ombudsman diPassikolangang.

Humas MANSAMA. Senin, 5 November 2018

Upacara rutin hari ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Biasanya pembina upacara adalah kepala Madrasah atau tenaga pendidik dan kependidikan, kali ini yang jadi pembina upacara adalah Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Barat. Melalui arahannya, kepala Ombudsman Lukman Umar, S.Pd.,M.Si mengatakan bahwa ini adalah kegiatan langka,  karena sejak terbentuknya yaitu 21 oktober 2015, 5 tahun silam baru kali ini memiliki kesempatan untuk berkunjung ke MAN 1 Mamuju.

Beberapa tugas Ombudsman adalah menerima laporan, melakukan pemeriksaan, menindaklanjuti laporan, melakukan investigasi, melakukan kerjasama dengan pemerintah, melakukan upaya pencegahan maladministrasi dan melakukan tugas lain yang diberikan undang-undang.

Kedatangannya di MAN 1 Mamuju ini adalah dalam rangka melaksanakan salah satu program sosialisasi Ombudsman ke sekolah untuk memperkenalkan apa itu ombudsman, pelayanan publik dan Maladministrasi. Program ini mereka sebut “Program ombudsman di passikolaang”.

Setelah kegiatan upacara,  mereka melakukan sosialisasi bersama seluruh tenaga pendidik dan kependidikan dan beberapa siswa yanh dipimpin langsung oleh kepala MAN 1 Mamuju, untuk mensosialisasikan Peran Komite dalam rangka    anti maladministrasi dan anti pungli di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mamuju.
Pada kegiatan ini, hadir juga ketua Pokjawas Drs.H.Rasmin dan ketua komite MAN 1 Mamuju Dr.H.Muflih BF, M.Si.

Sebelum masuk kepermasalahan inti, kepala ombudsman terlebih dahulu menjelaskan fungsi dan peran Ombudsman di Indonesia.

Mengakhiri pemaparannya, dia menaruh harapan besar ke Kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati agar program ombudsman yaitu anti Maladministrasi dan anti pungli di MAN 1 Mamuju dapat dikawal dengan maksimal.
(Akm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*