Rapat Evaluasi KTSP MAN 1 Mamuju Menata dan Menguatkan Program Unggulannya
Sambutan Kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati pada kegiatan Rapat Evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun Anggaran 2019-2020

Rapat Evaluasi KTSP MAN 1 Mamuju Menata dan Menguatkan Program Unggulannya

Sambutan Kepala MAN 1 Mamuju, Hj.Sumiati pada kegiatan Rapat Evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun Anggaran 2019-2020

MAN 1 Mamuju  menggelar rapat evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) Tahun Anggaran 2019- 2020 di ruang pertemuan MAN 1 Mamuju pada 25 Juni 2019.   Selain  tenaga pendidik dan kependidikan  PNS dan non PNS  MAN 1 Mamuju, hadir juga beberapa pengurus komite.  Kepala MAN 1 Mamuju Hj.Sumiati dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya rapat evaluasi KTSP ini adalah sebagai pedoman kerja untuk pengembangan Madrasah 1 tahun kedepan dan sekaligus mengevaluasi pelaksanaan yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

“Saran dan masukan serta sumbangsih dari kita semua sangat diharapkan untuk pengembangan kualitas madrasah, dan mudah-mudahan rapat ini menjadi sarana pengembangan MAN 1 Mamuju untuk 1 tahun kedepan”. Harapan Sumiati.

” Tantangan yang sedang kami hadapi di MAN 1 Mamuju ini yang pertama adalah kurangnya tenaga pendidik pada beberapa mata pelajaran khususnya pada jurusan ilmu-ilmu sosial. Adapun kekurangan yang dimaksud itu adalah tidak tersedianya guru geografi, guru sosiologi guru Sejarah, guru olahraga dan guru BK. Selain itu kami juga kekurangan sarana terutama pengamanan berupa pagar terlebih lagi setelah kita berada dan harus mengakomodir 2 lokasi Madrasah Aliyah Negeri 1 Mamuju” ucap Kepala MAN 1 Mamuju.

” Namun pada tahun ini MAN 1 Mamuju mendapat penambahan tenaga pendidik 4 orang yaitu guru  mata pelajaram aqidah akhlak 2 orang dan guru matematika 2 orang, jadi untuk mata pelajaran pada jurusan Agama sedikit banyak sudah bisa diatasi” Lanjutnya.

Sambutan Sekretaris Komite MAN 1 Mamuju, H.Sudirman, M.P

Pada kesempatan ini juga sekretaris komite H.Sudirman, S.Pd, M.Pd menyampaikan terkait Animo masyarakat pada madrasah.

” Kita harus menjemput animo masyarakat tentang Madrasah ini dan harus berusaha agar Animo masyarakat itu dapat dipertahankan. pihak Madrasah juga perlu menyebar angket terkait alasan mengapa orang tua sangat menyarankan agar anaknya bersekolah di Madrasah, Setelah itu kita bisa menganalisis apa yang harus kita kembangkan dan pertahankan”. Ucap Sudirman.

Dalam sambutannya, Sekretaris komite memberikan beberapa kisi-kisi terkait hal-hal  yang perlu dilakukan di MAN 1 Mamuju agar dapat mempertahankan predikat akreditasi A yang sudah diperoleh.

“Madrasah kita ini harus mengevaluasi segala yang terkait dengan Madrasah.  Jadi yang dievaluasi bukan hanya tenaga pendidik dan kependidikan yang PNS saja,  tetapi yang non PNS juga harus dievaluasi karena semua stakeholder berperan penting didalam mempertahankan predikat akreditasi yang diperoleh . Jadi apabila ada yang setelah dievaluasi tidak layak dipertahankan untuk tetap berada di MAN 1 Mamuju,  maka hal itu perlu segera ditindak lanjuti” pungkasnya.

Setelah sambutan Kepala MAN 1 Mamuju dan Sekretris Komite, WKM Kurikulum memaparkan struktur KTSP dalam pemaparannya tidak banyak yang berubah.
“Pada dasarnya semua masih sama seperti tahun sebelumnya, kita tetap mengacu pada juknis yang ada. Dan berdasarkan hasil evaluasi saya, untuk mata pelajaran pendalaman minat ditiadakan karena tidak evektif untuk dilaksanakan, jadi yang akan kita laksanakan hanya lintas minat saja” Pungkas Nurwahyudin.
Pada akhir kegiatan, WKM Kesiswaan, Marzuki, SS,  memaparkan tata tertib siswa MAN 1 Mamuju.  Tata tertib tersebut melalui pernyataan langsung Kepala MAN 1 Mamuju hj, Sumiati, S.Ag  dan Pengurus Komite dalam hal ini diwakili oleh sekretaris komite H.Sudirman, M.Pd  setelah melalui diskusi dengan seluruh peserta rapat menyepakati dan mengesahkan Tata Tertib Siswa MAN 1 Mamuju.

Reporter : Andi Kurnia Muin
Kameramen : Muhammad Saad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*