Sebanyak 15 Siswa MAN 1 Mamuju Ikut KSN 2021 Tingkat Kabupaten/Kota

Sebanyak 15 Siswa MAN 1 Mamuju Ikut KSN 2021 Tingkat Kabupaten/Kota

Hari Pertama Ujian KSN di Lab Komputer MAN 1 Mamuju

HUMAS MAN MAMUJU –Sebanyak 15 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengikuti Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota Jenjang SMA/MA Tahun 2021 yang diselenggarakan pada 03-04 Juni 2021 di Laboratorium Komputer  MAN 1 Mamuju Jl. Soekarno Hatta, Rabu (03/06).

Berikut nama siswa MAN 1 Mamuju yang ikut KSN Tingkat Kabupaten yaitu Muh. Alghifari (Ekonomi), Atika Nur Afia (Matematika), Aqmal Zaugita (Kimia), Muhammad Akhyar F H (Fisika), Faizah Inayah (Biologi), Suci Syafiqah (Informatika/Komputer), Yunita Maharani (Matematika), Akbar (Kebumian), A. Ahmad Salwan (Fisika), Ibrahim Hasanuddin (Informatika/Komputer), Puji Astuti (Biologi), Carma Astiana (Matematika), Stevi (Biologi), Fiqram (Astronomi), dan Siti Shifa Salsabila (Astronomi).

Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) adalah tahap seleksi lanjutan dari  dari Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) menuju tahapan selanjutnya yaitu Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2021 jenjang SMA yang akan diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kepala MAN 1 Mamuju Hj Sumiati mengatakan bahwa KSN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. “Selain itu, kompetisi Sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter. Kami berharap semua siswa MAN 1 Mamuju bisa lulus dan melanjutkan perjuangan ke tingkat nasional dan internasional,” ungkapnya.

Adapun bidang yang dilombakan dalam KSN tahun 2021 meliputi sembilan bidang keilmuan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Mekanisme seleksi penyelenggaraan KSN dilakukan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/ kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Menurut Plt. Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi selaku pihak penyelenggara mengatakan hasil KSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif di berbagai ajang internasional bergengsi dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik.

“Oleh karena itu, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluasluasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional,” ungkapnya.

Tujuan dari KSN ini adalah pertama untuk menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Kedua, mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional. Ketiga, membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

KSN tahun 2021 akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2021. Tempat pelaksanaan kompetisi sains tingkat internasional tahun 2021 adalah International Mathematical Olympiad (IMO) St. Petersburg Rusia, International Physics Olympiad (IPhO) Vilnius Lithuania, International Chemistry Olympiad (IChO) Osaka Jepang, International Olympiad in Informatics (IOI) Singapura, International Biology Olympiad (IBO) Lisbon Portugal, International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) Bogota Colombia, International Earth Science Olympiad (IESO) China, International Geography Olympiad (IGeO) Istanbul Turki, dan International Economics Olympiad (IEO) Latvia yang rencananya dilakukan secara online. (NJA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*