Simulasi Sebagai Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Salah satu peserta simulasi serius mengamati soal-soal Bahasa Indonesia

Simulasi Sebagai Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

 

 

Salah satu peserta simulasi serius mengamati soal-soal Bahasa Indonesia

Humas MAN 1 Mamuju. Sebagai Madrasah yang berakreditasi A dengan sarana UBK yaitu komputer dan server yang memadai, tahun ini MAN 1 Mamuju kembali akan melaksanakan ujian dengan moda utama Ujian Berbasis komputer.
Langkah awal yang ditempuh panitia ujian adalah mempersiapkan kematangan siswa menghadapi Ujian Berbasis Komputer (UBK) melalui simulasi. Kegiatan simulasi ini dilakukan serentak untuk semua jenjang pendidikan. Kegiatan simulasi ini sangat penting karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal yang mirip denganl soal ujian nasional yang sesungguhnya. Hal itu terjadi karena soal-soal yang disusun itu sudah beradasarkan kisi-kisi ujian. Bentuk soal nyapun sangat mirip. Berdasarkan pengalaman dari tahun sebelumnya, siswa yang sering mengikuti simulasi akan lebih fokus menjalani ujian karena sudah terbiasa mengerjakan soal melalui komputer. Hal itupun sangat berdampak pada hasil nilai perolehan siswa dalam ujian nasional.

Hari ini, 28 Januari 2019, MAN 1 Mamuju mengadakan simulasi yang diikuti oleh seluruh siswa di Laboratorium komputer 1 dan Laboratorium Komputer 2. Ditemui saat mengawsi pelaksanaan simulasi, ketua panitia ujian Nurwahyudin mengatakan bahwa ini adalah pelaksanaan simulasi yang kedua periode pertama yang akan berlangsung selama 4 hari yaitu pada tanggal 28 Januari sampai sampai 31 Januari 2019.  Kemudian untuk simulasi ke-2 periode kedua akan diadakan pada tanggal 2 sampai 3 Februari 2019 . Sementara simulasi pertama telah dilaksanakan pada bulan Desember 2018.

(AKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*