Tiga Puluh Da’i dan Da’iyah Siap Berdakwah di Ramadhan 1442H

Tiga Puluh Da’i dan Da’iyah Siap Berdakwah di Ramadhan 1442H

HUMAS MAN 1 MAMUJU – Sebanyak 30 peserta didik mengikuti Kegiatan Tadriibudduat yang digelar oleh MAN 1 Mamuju di Aula Gedung Asrama MAN 1 Mamuju, Jl Soekarno Hatta, Senin (19/04). Kegiatan yang digelar dengan menetapkan protokol kesehatan ini akan digelar selama tiga hari, 19 hingga 21 April 2021 atau 7-9 Ramadhan 1442H. Kegiatan Tadrribudduat ini dibuka langsung oleh Kepala MAN 1 Mamuju Hj Sumiati S. Ag, didampingi Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Marzuki, S.S., dan segenap guru MAN 1 Mamuju.

Ketua Panitia Kegiatan Ramli S.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sudah menjadi program kerja dan rutinitas MAN 1 Mamuju setiap tahunnya selama bulan Ramadhan, baik dalam bentuk kegiatan pesantren kilat, gema ramadhan dan sebagainya. “Yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah karena kegiatan ini sudah menjadi program kerja MAN 1 Mamuju setiap ramadhan, alangkah baiknya kita isi kegiatan ini dengan kegiatan yang positif. Untuk tahun ini kita hanya ganti namanya menjadi Tadribudduat yakni Pelatihan Da’i dan Da’iyah ,” ungkapnya.

Dengan mengusung Tema Menjadikan Dakwah yang Moderat Membentuk Da’i dan Da’iyah Milenial yang Rahmatan lil ‘Alamin, kegiatan Tadriibudduat ini diharapkan mampu melahirkan generasi pendakwah yang moderat yang rahmatan lil alamin. “Sesuai dengan temanya menjadikan dakwah yang moderat membentuk Da’i dan Da’iyah Milenial yang Rahmatan lil ‘Alamin. Tentunya anakku sekalian diharapkan melalui kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga hari ini bisa menimbah ilmu sebanyak-banyaknya. Kami berharap santri dan santriwati madrasah mampu menjadi pendakwah yang akan terjun ke masyarakat nantinya baik selama masih aktif di madrasah ini maupun saat sudah jadi alumni MAN 1 Mamuju,” lanjutnya.

Adapun materi yang akan dibahas dalam kegiatan ini tentang Kode Etik dalam Berdakwah Bagi Da’i dan Da’iyah oleh Ustadz Mujahidin, SH., Komunikasi Dakwah bagaimana cara kita berdakwah di hadapan jamaah ketika berdakwah di masjid oleh Heri Susanto, S.Pd.I., Teknik Menyusun Materi Dakwah oleh Nahda, S.Ag., serta Praktek Dakwah yang akan dipandu langsung oleh Ketua Panitia, Ramli, S.Pd.I.

Selain itu, Kepala MAN 1 Mamuju Hj Sumiati, S.Ag mengungkapkan bahwa kegiatan Tadriibudduat ini harus menjadi bekal bagi peserta didik sebelum terjun ke lapangan menjadi seorang pendakwah yang moderat. “Sebelum terjun ke masjid-masjid, peserta didik harus dibekali dulu bagaimana menjadi perdakwah yang moderat. Saat ini banyak kita temui kejadian yang tidak diinginkan dari seorang pendakwah yang isi ceramahnya menyimpang. Ada yang berceramah tapi menjurus ke penistaan agama, memojokkan suku tertentu, dan lainnya. Tentunya, kita tidak menginginkan hal itu terjadi. Jadi bagaimana memberikan pembekalan kepada peserta didik untuk menjadi pendakwah yang moderat yang bisa menjadi menyejuk bagi seluruh ummat, menjadi rahmatan lil ‘alamin. Tentu secara teknis yang akan memberikan itu adalah pemateri kita dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Hj Sumiati mengharapkan kepada peserta didik memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Harapan kita ketika anak-anakku sekalian diberi kesempatan maka manfaatkanlah kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Harapan besar madrasah ada pada kalian anak-anakku sekalian, kalian yang hadir di tempat ini. Dan insya Allah setelah dibekali maka diharapkan kalian tetap bisa terjun ke masjid-masjid yang meminta kalian untuk mengimplementasikan ilmu yang didapatkan selama kegiatan tiga hari ini. Selain itu, saat berdakwah nanti, tetap budayakan gerakan 5 M untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid -19,” tutupnya. (NJA)

Foto : @janejamlu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*