UAMBN-BK sebagai bahan evaluasi hasil belajar.

UAMBN-BK sebagai bahan evaluasi hasil belajar.

MAN Mamuju, 26 Maret 2018.

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) dilaksanakan  dalam rangka mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di MTs dan MA/MAK karena itu perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan melalui UAMBN-BK.
UAMBN Tahun Pelajaran 2017/2018 diatur dalam SK Dirjen Pendis Nomor 181 Tahun 2018 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional
Tujuan UAMBN

  1. UAMBN bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan.
  2. UAMBN berfungsi sebagai: a) bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah; b) umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran pada MTs danMA/MAK; c) alat pengendali mutu pendidikan; d) pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs danMA/MAK

Pada hari ini (senin, 26 maret 2018) adalah hari  pertama pelaksanaan  UAMBN-BK tahun pelajaran 2017/2018 di MAN Mamuju sekaligus  merupakan  tahun pertama MAN Mamuju melaksanakan ujian berbasis komputer. Ujian ini berlangsung dua sesi dan  dua ruangan. Masing- masing sesi ditiap ruangan  diikuti  30 dan 31 siswa. Pelaksanaannya tidak dapat dilaksanakan secara serentak untuk seluruh siswa karena sarana pendukung komputer dan server tidak memungkinkan untuk melaksanakan secara bersamaan. Kepala MAN Mamuju berharap kepada Kanwil Kementerian Agama, semoga tahun depan masih diberi bantuan sarana (komputer dan server) agar pelaksanaan ujian berbasis komputer ini bisa lebih optimal.

Tahun ini, jumlah keseluruhan peserta ujian di MAN Mamuju 122 siswa (laki-laki 47 orang dan perempuan 75 orang) . Jurusan IPA 49 orang (laki-laki 19, perempuan 30), jurusan IPS 47 orang (laki-laki 20 orang,perempuan 27 orang), jurusan Agama 26 orang (laki-laki 8 orang, perempuan 18 orang).

Dari pantauan terlihat pelaksanaannya berjalan lancar dibawah pengawasan dan bimbingan tekhnisi dan proktor.

(AKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*