UKUR KOMPETENSI, 122 PESERTA IKUTI ASSESMEN

UKUR KOMPETENSI, 122 PESERTA IKUTI ASSESMEN

Humas MAN 1 Mamuju (19/11/2020

Setelah mengalami penundaan, 122 peserta yang terdiri dari 32 orang kepala madrasah, 5 orang pengawas dan 85 orang guru madrasah mengikuti assesmen kompetensi guru (AKG) , kepala madrasah (AKK) dan pengawas (AKP) di MAN 1 Mamuju. Acara diselenggarakan mulai hari Kamis tanggal 19 November 2020 dan direncanakan berlangsung sampai hari sabtu mendatang.

Pelaksanaan yang dijadwalkan berlangsung dalam 3 sesi setiap harinya berjalan baik dan tidak ada kendala yang berarti. Dengan menerapkan protokol kesehatan, para peserta nampak tertib dan tenang mengikuti kegiatan sampai selesai.

Assesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah adalah momen yang harus dimanfaatkan untuk mengukur kompetensi yang dimiliki oleh peserta. Pemetaan kompetensi yang akan menjadi dasar untuk menentukan kebijakan dalam hal pengembangan dan peningkatan profesi guru, kepala dan pengawas madrasah. Juga sebagai refleksi bagi setiap peserta untuk memacu dan mengembangkan kompetensi baik secara mandiri maupun bersama-sama.

Ditemui setelah mengikuti assesmen, salah seorang guru yang juga merupakan peserta, Sulasri, S. Pd mengemukakan bahwa soal-soal lebih dominan pada aspek profesional, selebihnya adalah soal-soal yang mengukur kompetensi pedagogik. “Semua sesuai dengan konteks permasalahan yang kita jumpai dalam pembelajaran bidang masing-masing” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*